Bidang PSU dan Pertanahan

PERATURAN BUPATI BARITO KUALA

NOMOR  32  TAHUN 2020

TENTANG

URAIAN TUGAS UNSUR-UNSUR ORGANISASI

DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN

KABUPATEN BARITO KUALA

Bidang Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU) dan Pertanahan

  1. Bidang Prasarana, Sarana, Utilitas Umum dan Pertanahan mempunyai tugas membantu dinas menyusun bahan pelaksanaan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi di bidang prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
  2. Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah :
a.Menyusun dan menetapkan rencana koordinasi operasional pelaksanaan prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan sesuai kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk operasional pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
b.Menyajikan rencana program, rencana kegiatan, standar operasional, rencana tata waktu dan mekanisme pelaksanaan prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
c.Menyelia (melakukan supervisi) dan membina operasionalisasi pelaksanaan prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
d.Mengendalikan operasionalisasi dan mekanisme pelaksanaan prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
e.Menyajikan bahan dan melaksanakan kerja sama dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam pelaksanaan prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
f.Mengevaluasi dan menilai secara periodik hasil operasional pelaksanaan prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
g.Menyelia (melakukan supervisi) perencanaan, pemanfaatan serta pencatatan anggaran dan kekayaan daerah pada prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
h.Melaksanakan pembinaan sikap perilaku dan disiplin pegawai, peningkatan kompetensi dan penilaian kinerja setiap pegawai, selaku individu dan dalam organisasi pada bidang prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
i.Menyusun laporan akuntabilitas atas hasil kinerja dan hasil penilaian kinerja sebagai suatu pertanggungjawaban dalam pelaksanaan bidang prasarana, sarana, utilitas umum perumahan, sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi perumahan dan kawasan permukiman serta pertanahan.
j.Melaksanakan tugas lain dalam rangka mendukung  tugas pokok dan fungsi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
k.Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

3. Bidang Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) dan Pertanahan terdiri dari :

a.Seksi Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum.
b.Seksi Pertanahan dan Sertifikasi.