Sekertariat

PERATURAN BUPATI BARITO KUALA

NOMOR  32  TAHUN 2020

TENTANG

URAIAN TUGAS UNSUR-UNSUR ORGANISASI

DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN

KABUPATEN BARITO KUALA

Sekretariat

  1. Sekretariat mempunyai tugas membantu dinas melaksanakan koordinasi, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
  2. Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah :
a.Menyusun dan menetapkan rencana koordinasi operasional pelaksanaan pelayanan ketatalaksanaan perkantoran, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan,  keuangan, aset, akuntabilitas kinerja dan pelaporan lingkup Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
b.Mengkoordinasikan dan mensinergikan perencanaan dan pelaksanaan pelayanan ketatalaksanaan perkantoran, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan,  keuangan, aset, akuntabilitas kinerja dan pelaporan bidang perumahan, kawasan permukiman, prasarana, sarana, utilitas, dan sertifikasi.
c.Menyajikan rencana program, rencana kegiatan, standar operasional, rencana tata waktu dan mekanisme pelaksanaan pelayanan ketatalaksanaan perkantoran, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan,  keuangan, aset, akuntabilitas kinerja dan pelaporan lingkup Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
d.Menyiapkan bahan rapat, pelatihan, dan bimbingan teknis secara rutin kepada semua aparatur dalam lingkup Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
e.Mengendalikan dan melaksanakan fasilitasi pelayanan ketatalaksanaan perkantoran, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan,  keuangan, aset, akuntabilitas kinerja dan pelaporan lingkup Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
f.Menyelia (melakukan supervisi) dan membina operasionalisasi pelaksanaan pelayanan ketatalaksanaan perkantoran, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan,  keuangan, aset, akuntabilitas kinerja dan pelaporan lingkup Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
g.Memfasilitasi kerja sama dinas dengan satuan organisasi perangkat daerah, instansi, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, melalui kegiatan bidang-bidang dinas dalam pelaksanaan fasilitasi perumahan, kawasan permukiman, prasarana, sarana, utilitas, dan sertifikasi serta penyelenggaraan kesekretariatan dinas.
h.Mengkoordinasikan pelaksanaan evaluasi dan penilaian hasil  kinerja secara periodik pada masing-masing bidang dinas serta pelaksanaan kegiatan pelayanan ketatalaksanaan perkantoran, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan,  keuangan, aset, akuntabilitas kinerja dan pelaporan lingkup Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
i.Menyelia (melakukan supervisi) perencanaan, pemanfaatan serta pencatatan anggaran dan kekayaan daerah pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
j.Mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan sikap perilaku dan disiplin pegawai, peningkatan kompetensi dan penilaian kinerja setiap pegawai, selaku individu dan dalam organisasi pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
k.Mengkoordinasikan dan menyusun laporan akuntabilitas yang mencakup hasil kinerja dan hasil penilaan kinerja bidang-bidang dinas dan  kesekretariatan dinas, sebagai suatu bahan pertanggungjawaban  pelaksanaan kegiatan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
l.Melaksanakan tugas lain dalam rangka mendukung  tugas pokok dan fungsi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

3. Sekretariat Dinas terdiri dari :

a.Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
b.Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset